Begini Cara Menemukan Leluhur Agan Melalui Internet!

Begini Cara Menemukan Leluhur Agan Melalui Internet

Leluhur atau nenek moyang merupakan nama yang normalnya dikaitkan pada orang tua maupun orang tua leluhur (seperti kakek nenek, canggah, dan seterusnya). Menurut teori evolusi, spesies yang memiliki leluhur yang sama disebut sebagai turunan bersama.

Jika kamu yang bertanya, "Memang leluhur kita bisa ditemukan lewat internet gan ?", Jawabannya, "Tentu bisa gan!"
Dulu pencarian silsilah memang membutuhkan formulir yang rumit, perjalanan ke makam2, mendatangi perpustakaan dan lainnya. Nah, di jaman yang serba digital ini gan, dapat dicari dengan mudah melalui akses jaringan komputer. Catatan dan banyak hal dapat diperoleh kemudian dapat kamu simpan dengan aman.

Memulainya sangat mudah. Kamu cukup memerlukan program untuk menyimpan informasi yang telah kamu kumpulkan. Contoh program tersebut misalnya Family Tree, atau juga dapat menggunakan situs web seperti Ancestry.com untuk menyimpan data tersebut.
Untuk itu, berikut beberapa tips dari beberapa sumber untuk memulainya :

Gunakanlah search engine/mesin pencari


Gunakanlah mesin pencari seperti Google, Bing, atau mesin pencari lainnya. Apakah kamu pernah meng-Google nama sendiri untuk menemukan informasi apa saja yang tersedia mengenai diri sendiri? Itu merupakan ide dasarnya gan. Semakin banyak informasi yang kamu punya ketika pencarian maka semakin baik hasilnya. Jika kamu punya nama belakang yang tidak biasa, kamu akan kagum betapa cepatnya untuk mendapatkan informasi. Namum jika kamu memiliki nama belakang yang umum, akan sangat banyak data yang akan kamu terima. Untuk membatasi masalah ini, tambahkan informasi penting lain seperti tanggal lahir atau meninggal leluhur kamu, alamat jelas atau negara asalnya. Semakin spesifik informasi yang kamu miliki, semakin besar pula kemungkinan untuk sukses.

Menggunakan situs web silsilah yang sering digunakan


Menurut ane Ancestry.com dan familysearch.org sangat berguna untuk kamu yang ingin mencari informasi mengenai silsilah keluarga. Karena situs ini memiliki banyak informasi dan dapat memberikan akses ke catatan penting seperti data sensus, catatan imigrasi, catatan militer, dan silsilah keluarga. Situs ini juga bisa dibilang bagus karena kita dapat menemukan salah satu garis leluhur kamu yang telah diteliti secara menyeluruh.

Selidiki data catatan imigrasi


Cara menemukan informasi leluhur kamu yang telah berimigrasi misal dari Amerika Serikat ke Eropa pada abad tertentu, Ellisisland.org adalah situs web yang dapat memudahkan pencarian. Disini kamu dapat menemukan daftar penumpang, termasuk kapal laut yang ditumpangi leluhurmu serta pelabuhan keberangakatan dan kedatangan mereka.

Carilah data berupa catatan foto


Catatan foto juga dapat kalian temukan di Findagrave.com, kamu bisa mencari lokasi pemakaman leluhur kamu dan biasanya terdapat foto atau informasi yang dapat menuntun ke petunjuk tentang tanggal lahir, pasangan, anak-anak, dan lainnya.

Carilah melalui sumber-sumber daerah atau negara


Jika kamu tahu dimana mereka lahir, hidup, atau meninggal, dengan mudahnya kalian bisa mencari informasi melalui Ancestralsearch.com dan mendaftar melalui web tersebut

Cari melalui arsip dan catatan sejarah


Jika kalian sudah mengantongi beberapa petunjuk tentang leluhur kamu, maka kamu dapat belajar bahwa arsip dan catatan sejarah sangatlah berguna. Jumlah informasi yang diunggah secara teratur juga terus berkembang, jadi janganlah menyerah. Leluhur yang tidak dapat kamu temukan hari ini, mungkin dapat ditemukan enam bulan dari sekarang. Dengan bantuan internet, siapapun pasti dapat melakukan silsilah. Hanya sedikit informasi, dapat berkembang menjadi pohon yang penuh keberhasilan.


Selamat Mencoba gan !!
Previous
Next Post »

Related Posts